Liburan Seru di Pulau Peucang!

Peucang

Setelah lama mencari kesempatan untuk jalan jalan ke pantai, akhirnya tanggal 15 April 2011, saya dan beberapa orang teman berangkat ke Pulau Peucang. Pulau cantik yang ada di Ujung Kulon ini memiliki pantai yang masih bersih dan pasir yang berwarna putih.

Bagaimana kita kesana?

Sebelumnya kita harus mengurus administrasi alias surat ijin untuk jalan ke pulau ini. Kontak kami untuk mendapatkan surat adalah Pak Egi dari Taman Nasional Ujung Kulon. Setelah surat beres, kita bisa mengambilnya pada hari H.

Di atas kapal menuju Peucang

Perjalanan ke Ujung Kulon makan waktu sekitar 9 jam dari Jakarta. Kita berhenti di Sumur, dari situ kita lanjutkan perjalanan dengan naik kapal sekitar 3 jam menuju Pulau Peucang. Kapal dikelola oleh masyarakat setempat, Pak Egi bisa kasih referensi para pemilik kapal. Ongkos kapal 2 juta PP, kebetulan kami naik kapal milik pak Haji 🙂

Akomodasinya gimana?


Di Pulau Peucang kita menginap di tempat yang dikelola oleh Taman Nasional Ujung Kulon. Ada beberapa pilihan cottage. Kami pilih cottage Fauna dan pesan 4 kamar. 1 kamar @250ribu, bisa untuk 4 orang. Cukup hemat kan?

Soal makan (ini yang penting!) kita bisa pakai dapur yang disediakan di cottage tersebut. Awas ya, kalau lagi masak, jangan lupa pintu selalu ditutup. Karena ada monyet ekor panjang yang siap mencuri makananmu jika kau lengah!

Di tempat kita menginap, kita bisa melihat beberapa binatang hutan seperti rusa, babi hutan, monyet dan biawak. Jangan kuatir, mereka tidak galak.

Ngapain aja disana?

Kami sampai di Peucang jam 12 siang. Setelah makan, istirahat sebentar, lalu..tau dong…kami sudah tak sabar untuk mencicipi segarnya berenang di pantai.

asik buat berenang nih!

Jam 2 siang kami putuskan berenang meski cuaca cukup panas. Untung saya dapat pinjaman alat snorkeling gratis dari si Bapak yang jaga cottage, jadi bisa lihat underwater. Ada beberapa ikan kecil semacam Nemo dan teman temannya.

Pantai di Karang Copong

Jam 4, kami sudahi berenang dan segera  menuju Karang Copong untuk melihat sunset. Di Karang copong, pantainya penuh dengan karang dan ombaknya cukup besar. Jadi tidak cocok untuk berenang. Untuk menuju ke Karang Copong, kita harus berjalan kaki melintasi hutan selama kurang lebih 1 jam.

Seru dan senang! Kami menghabiskan waktu dengan menikmati pemandangan alam yang luar biasa indah. Esoknya, kami ke Cidaon untuk lihat banteng. Tapi cerita yang ini, akan saya posting tersendiri yaaaaaa…

Advertisements

2 thoughts on “Liburan Seru di Pulau Peucang!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s