The Winner Stands Alone

Ga ada hubungannya sama novelnya Paulo Coelho, ya..ada sih tapi cuma judulnya aja nih yang saya kutip. The winner stands alone. Apa iya, kalau kita berada di puncak kita akan berdiri sendirian? Jawabannya tergantung menurut saya. Tergantung bagaimana kamu dalam proses meraih puncak dan bagaimana kamu saat berada di puncak.

Banyak orang yang meraih puncak dengan sikut sana sikut sini. Tentu saja kalau dia berhasil pada akhirnya, tidak akan ada yang mendukung, justru dia akan dibenci. Dalam kasus ini, the winner stands alone. Tapi jika seseorang mendapatkannya dengan fair, menurut saya, dukungan akan terus mengalir. You won’t stand alone.

Tapi ada juga nih, yang tadinya biasa saja, merasa selevel, senasib sepenanggungan, lalu saat berada di puncak jadi kaget dan tidak siap mental. Yang muncul adalah sikap arogan. Kalau begini nih, jangan harap bakal ada dukungan penuh dari mantan kawan kawan selevel. You will stand alone.

Pilihannya ada di tangan kita sendiri. Seseorang pernah berkata pada saya, dia tak peduli jika tak ada seorangpun yang mendukung atau menyukainya yang penting dia berada pada jabatan dan kekuasaan yang dia inginkan. Well, itu pilihan. Tapi ingat, manusia tidak pernah tahu apa yang akan terjadi. Kelak kalau tiba tiba kita jatuh, kita akan membutuhkan mereka yang ada di bawah kita saat ini.

Saya pribadi tidak pernah ingin menjadi pemenang yang berdiri sendiri, Saya ingin menang, dikelilingi oleh kawan kawan terbaik saya. Merasakan kegembiraan bersama mereka, dan ketika saya kalah, saya juga masih punya mereka sebagai shoulder to cry on.

Leave a Reply

