Manisnya Kuliner Palembang

Jika berkunjung ke Palembang, jangan hanya puas makan pempek. Kuliner di Palembang sangat kaya lho. Selain pempek dan masakan khas Palembang lain yang kebanyakan pedas, ternyata Palembang juga bisa jadi surga bagi penyuka manis. Nah, ini dia yang manis manis dari jembatan ampera :

1. Srikayo

Srikayo yang manis dan harum

 Makanan ini jadi favorit saya kalau berkunjung ke Palembang. Warnanya hijau menggoda, rasanya manis, lembut, lumer di mulut. hmmmm..cocok dimakan setelah berpedas pedas ria dengan cuko pempek. Rasa manisnya ga bikin eneg. Selain itu, aroma daun pandan yang wangi membuat  saya jadi makin berselera untuk menyantapnya.

Biasanya hampir di semua tempat menjual kue ini termasuk penjual kue keliling. Atau, daripada bingung, silahkan mampir ke rumah makan Pempek Saga di depan kantor walikota Palembang. Disitu juga menjual kue Srikayo yang lezat.

Btw, kalau ada yang tahu resepnya boleh dong bagi ke saya. Kepingin nyobain bikin sendiri. hehehehe….

 

 

2. Kue Maksuba

Bahan utamanya telor bebek dan susu kental manis.

Mirip dengan kue lapis legit, tapi rasa kue maksubah ini lebih manis dan lebih lembut. Bahan dasarnya dari telor bebek dan susu kental manis. Kebayang dong gimana rasanya saat kue ini menyentuh lidah dan langit langit mulut…meleleh dengan lembut dan nikmat.

Kue ini jarang dijual di tempat makan biasa. Biasanya dibuat untuk hari raya atau event khusus di Palembang.

Mau nyoba bikin sendiri? Bisa dilihat disini resepnya.

 

3. Bolu Kojo/Koja

Bolu Kojo dari susu dan santan.

Bolu Kojo adalah kue yang sering saya makan waktu kecil. Mulai dari yang bantet sampai yang mengembang sempurna. Maklum, ibu saya waktu itu getol belajar bikin kue ini dan saya adalah pencicipnya yang setia. hehehe…

Rasanya hampir sama seperti bolu pandan. Bahan utamanya susu dan santan. Penasaran sama resepnya? Klik disini ya…

4. Kue 8 Jam

Masaknya harus delapan jam

Kenapa namanya kue 8 jam? Karena masaknya juga selama 8 jam. Tak kurang tak lebih supaya pas rasa dan bentuknya. Tapi penantian selama 8 jam itu akan terbayar dengan rasa kuenya yang maniiisss dan lezaat. Bahan utamanya lagi lagi telor bebek dan susu kental manis. Kue ini juga termasuk kue spesial yang dihidangkan pada hari yang spesial juga.

Lihat resepnya disini !

5. Kue Engkak Ketan

Engkak Ketan

Satu lagi yaaaa..ini juga kue khas asli Palembang. Kue Engkak Ketan. Dari namanya kita tahu kue ini terbuat dari ketan. Rasanya kenyal, manis, dan lembut. Biarpun terbuat dari ketan, kue ini tidak lengket kalau dipegang, karena ada campuran santan. Bikin kue ini juga butuh kesabaran, jadi biasanya hanya dihidangkan pada saat hari raya. Tapi kabarnya, di Jakarta bisa ditemukan di Toko Kue Sindoro yang berlokasi di Jl. Tanah Abang II (info dari detikfood.com) . kalau ada yang kebetulan mampir ke toko kue Sindoro dan menemukan Kue Engkak Ketan, kabarin saya yah..mau kesana juga..

Yak, demikianlah segelintir dari sekian banyak makanan manis yang ada di kota Palembang. Semoga bisa membantu saat anda akan wisata kuliner di kota itu. Dijamin makanannyo lemak galo (Dijamin makanannya enak semua).

Salam manis dari yang manis :)))

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s