Diet Kantong Plastik yuk!

sumber gambar klik disini

Mari dilihat tabel diatas..kita tahu kan berapa lama sampah yang kita buang ke bumi bisa terurai. Dari sekian banyak sampah yang kita buang, plastik termasuk yang paling sering kita pakai, kita buang juga. Bayangkan berapa banyak sampah plastik yang sudah dihasilkan oleh bermilyar-milyar mahluk bumi?

Kalau kita bicara soal gerakan hijau, gak usah yang muluk muluk dululah! Coba mulai dari diri sendiri. Gak susah kok! Menurut saya ini cuma soal kebiasaan. Misalnya, minum es teh manis pake gelas, apa iya perlu sedotan plastik juga?  Atau..kalau belanja cuma beli sikat gigi, apa perlu pake kantong plastik yang segede itu? Apa gak cukup dimasukin ke tas aja?

Saya inget ibu saya, kalo belanja sayur ke pasar  suka bawa tas belanja yang anyaman itu loh..yang jadul itu. Biar jadul, tapi saya bangga dong, punya emak yang “green”. Gak dikit2 minta kantong plastik. Hidup emak!

tas anyaman

Di beberapa pusat belanja juga sudah ada yang memproduksi tas belanja kan? Supaya ga perlu pake plastik lagi. Cukup beli sekali seharga sekitar 15ribu trus diharapkan pembeli akan pake tas itu terus. Tapi kenyataannya, jarang bangeeeeet yang kembali dengan tas yang sama. Ujung-ujungnya beli kantong plastik lagi.

tas belanja gaul

Tas belanja yang gaul juga banyak yang jual kok. Kayak foto diatas. Selain “green”,  tasnya juga keren buat ditenteng.

Intinya sih, kalo kepengen go green, mulainya dari diri sendiri. Kita ga bisa mengharapkan dunia berubah kalau diri sendiri ga berubah. Ahhhh…gitulah ya.. 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s