Balada Trotoar & Pejalan Kaki

Baru beberapa waktu lalu posting tentang nasib pedestrian di jakarta, eh tau tau tanggal 22 Januari lalu terjadi sebuah tragedi yang mengiris hati. 9 orang pejalan kaki meninggal ditabrak mobil. Padahal maksud hati mereka adalah ingin jalan jalan santai di hari libur bersama keluarga, menikmati kota Jakarta sambil bercanda bersama keluarga. Apa daya, malang tak dapat dicegah, seorang pengemudi yang tengah mabuk tiba tiba menyeruduk dan mengakibatkan 9 orang meninggal dan beberapa orang luka.

Seburuk itukah fasilitas yang ada untuk para pejalan kaki? atau kejadian kemarin memang hanya sebuah kemalangan akibat kecerobohan pengemudi mobil?

Saya speechless. Terus terang tidak tahu apa yang mau dikatakan. Tapi semoga, bagi saya, kamu atau siapa saja yang mengemudi kendaraan dalam keadaan sadar, kejadian ini akan menjadi pelajaran berharga. Agar lebih berhati hati dalam mengemudi, tidak emosi dan menggunakan jalur yang semestinya. Bertanggung jawab sebagai seorang pengguna kendaraan bermotor, artinya tanggungjawab bukan untuk diri sendiri tapi juga orang lain. Sering banget saya lihat (bahkan pernah alami) motor yang nekat jalan di trotoar, lalu memarahi pejalan kaki karena tidak mau minggir.  Uh, menyebalkan. Trotoar milik pejalan kaki, motor dan mobil silahkan pakai jalurnya yang sudah disediakan.

Persoalan trotoar di Indonesia memang belum kelar dari dahulu kala. Sementara di Roma, Italia, mereka sudah membuat trotoar yang nyaman dipijak high heels, kita masih disibukkan dengan berbagai persoalan dasar terutama tentang bagaimana menertibkan masyarakat pengguna jalan.

Jangan juga bilang, nah tuh, pedagang kaki lima juga seenaknya jualan di trotoar. Wew, kalau sibuk menyalahkan orang lain maka persoalan tidak akan pernah selesai. Sembari berharap pemerintah selesaikan persoalan PK5,  kita jangan egois dan jangan korbankan orang lain.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s