Artinya Sebuah Nama

Selama ini saya termasuk orang yang ga terlalu peduli dengan arti nama. Apalah artinya sebuah nama..itu dulu. Tapi, akhir akhir ini saya tertarik untuk mengetahui apa sih arti nama saya? Kalau dibandingkan dengan orang-orang lain, kayaknya nama mereka kok bagus bagus ya, sedangkan nama saya kok kayaknya standar aja. Standar dalam arti begini. Nama saya : Brigitta Kutrimaning Hardi. Brigitta itu nama babtis, Hardi nama bapak dan kakek, barulah “Kutrimaning” itu nama yang originally mine. hehehe..

Kutrimaning itu menurut nenek saya (berhubung beliau yang kasih nama), merupakan sebuah kata yang sangat sangat tidak memiliki apa yang disebut dengan “tersirat dari yang tersurat”.  Kutrima-ning. Begitulah nama saya jika dibagi dalam dua suku kata. Artinya saya adalah anak perempuan yang diterima dalam keluarga besar Hardi. Thats it?

Saya belum puas, lalu saya cari sendiri arti nama yang miliki sekarang.

Kutrima – sudah jelas maksudnya keluarga menerima ya…

lalu ada “ning” – merupakan bunyi lonceng kecil. (no wonder badan saya mungil..mungkin ada hubungannya :D)

Saya tidak ingin melupakan Brigitta dan Hardi.

Brigitta adalah nama seorang santa yang dipilihkan oleh orang tua saya sebagai nama babtis, dan artinya menjadi santa pelindung saya (seperti dalam kepercayaan agama Katolik). Santa Brigitta berasal dari Swedia. Brigitta adalah anak bangsawan, menikah dengan pangeran, tapi lalu menyerahkan hartanya kepada orang orang yang membutuhkan dan mendirikan ordo Brigitta. Silahkan dibuka linknya kalau berminat ingin tahu lebih banyak tentang Santa Brigitta disini.

Lalu ada nama Hardi.  Meskipun ini nama keluarga, tapi tidak ada yang pernah cerita apa arti nama ini. Setelah saya googling, nama Hardi artinya tinggi. Hardy-nya bahasa German artinya kuat.

Yak itulah kira kira arti nama saya. Apakah penting artinya sebuah nama? Setelah saya pikir2 ga sepenting itu sih. Tapi mengetahui arti nama, membuat saya berpikir apakah saya sudah menjadi orang yang memiliki sikap dan sifat yang sesuai dengan nama yang saya sandang?

Mengetahui arti nama bikin saya jadi merefleksi kehidupan saya saat ini. Pertanyaan yang muncul seperti, apakah saya sudah benar benar menjadi anak yang baik yang membuat keluarga yang menerima saya dengan sukacita bisa berbangga hati? Apakah saya sudah berbuat seperti santa Brigitta yang hidupnya tidak cuma  mementingkan harta benda duniawi? Apakah saya ceria seperti bunyi lonceng kecil atau lebih suka larut dalam kesedihan? Apakah saya kuat dan bisa bertahan dalam menghadapi semua masalah seperti seorang Hardi?

Tidak ada salahnya mencari arti nama.

Kelak, jika punya anak , sayapun akan berikan nama yang menjadi harapan baginya, untuk menjadi seseorang yang berguna, baik dan bijak dalam hidup. Amin 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s