Aku si Calon Ibu (2) : Obat dari Dokter

Sekarang ini kita dituntut untuk jadi pasien pintar. Alias ga percaya begitu saja sama dokter. Begitulah kira kira pesan yang saya terima dari beberapa masukan teman soal obat apa saja yang diberikan dokter untuk proses kehamilan saya. Jadi, saya mulai mencari info tentang 2 jenis obat yang saya terima dari dari dokter di Rs Carolus Jakarta. Janji saya adalah akan membagi info apapun yang berkaitan dengan kehamilan, sehingga mudah-mudahan membantu para ibu hamil amatir lainnya 🙂

Jadi, untuk membantu kesehatan janin dan ibu selama kehamilan, dokter memberi saya dua buah obat yaitu Lactafar dan PREMASTON Allylestrenol. Awalnya sih saya asal minum aja. Tapi rasa bersalah kalau saya gak tahu apa khasiat atau manfaat dari kedua obat ini. Lalu setelah saya cari, manfaatnya sebagai berikut :

1. Lactafar

Obat ini diproduksi oleh PT Nova Chemie. Kandungannya antara lain terdiri dari Natural Fish oil dan Folic Acid. Minyak ikan tmengandung Omega 3 yang cukup tinggi sehingga bagus untuk kesehatan baik untuk janin maupun ibu hamil. Biasanya kita bisa dapatkan Omega 3 ini pada berbagai jenis ikan, misalnya Salmon, ikan kembung, ikan tuna. Sedangkan Folic Acid, menurut penelitian yang dilakukan oleh tim McGill University di Montreal, bisa menurunkan resiko penyakit jantung bawaan/ cacat jantung pada bayi. Selain itu, Asam folat/folid acid sangat diperlukan pada 3 bulan pertama kehamilan. Asam folat ini berfungsi membantu pembelahan sel yang terjadi pada kandungan anda. Proses pembelahan sel ini harus sempurna agar janin tumbuh dengan sempurna.

2. PREMASTON Allylestrenol

Premaston dibuat oleh Kalbe Farma, berisi zat aktif allylestrenol, berfungsi menyiapkan rahim untuk menerima sel telur yang telah dibuahi, serta menekan pergerakan rahim. Dengan kata lain, obat ini bermanfaat untuk mengatasi ancaman aborsi dan kelahiran prematur.

Kira kira begitulah informasinya mengenai dua obat yang diberikan oleh dokter untuk saya konsumsi. Kesalahan saya adalah tidak menanyakan kepada dokter apa fungsi dari obat-obat tersebut. Padahal seharusnya bertanya, sehingga kita jadi tahu persis apa yang menjadi kebutuhan perkembangan janin.

Mengingat trimester pertama sangat menentukan bagi kesehatan janin, maka sebaiknya ibu hamil jangan hanya mengandalkan obat-obatan dari dokter tapi juga tetap memperhatikan asupan gizi yang dimakan. Buat saya jadi terasa banget, sekarang kebiasaan makan buat jaga kehamilan, bukan lagi sekadar memanjakan lidah :))

2 thoughts on “Aku si Calon Ibu (2) : Obat dari Dokter

Leave a Reply

