Aku si Calon Ibu (3) : Trimester 2

Hai hai, senang rasanya bisa kembali membagi pengalaman tentang kehamilan. Kali ini, saya sudah memasuki trimester ke-2. Yup, sekarang usia kehamilan saya sudah 4 bulan lebih sedikit.

Seperti ciri kehamilan pada umumnya, di trimester 2 ini, saya merasa jauh lebih baik. Untunglah, saya tidak berlama lama ada dalam fase mual dan muntah. Semua selesai begitu trimester pertama sudah lewat. Tapi meski begitu, bukan berarti badan saya juga sudah kembali fit dan berenergi. Rasa lelah dan kantuk masih sering menghadang dan sekarang ada tambahan pegal pegal di punggung dan tulang ekor. Fiuhh..kalau sudah terasa pegalnya, yang dibayangin cuma kasur! kepengen tiduran sambil selonjoran kaki ๐Ÿ˜€

Perut membesar

Sudah pasti perut membesar saat hamil. Tapi di trimester 2 ini, saya merasa perubahannya semakin kentara. Tiap orang berbeda, sih. Ada yang heran dan nanya kok, baru 4 bulan udah gede..tapi ada juga yang bilang perutnya masih kecil. Jadi itu relatif. gak usah kuatir sama komentar orang lain selama kita sehat dan dokter juga bilang “aman-amanย  saja”.

Vitamin dokter

Kalau sebelumnya saya menyebut obat, sekarang saya sadar kalau lebih tepat menyebut dengan vitamin atau suplemen. Karena kalau obat, hmm..hamil kan bukan penyakit ya? ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€

Oke, so..saya dikasih dua suplemen oleh dokter. Satu suplemen masih Lactafar, seperti yang saya jelasin di tulisan sebelumnya. Kemudian, ada suplemen baru. Saya tidak lagi konsumsi Premaston, tapi sudah diganti dengan Calplex. Apa fungsinya?

Calplex mengandung: Coral Kalsium 500 mg, soy germ (natural soy isoflavone) 20 mg, vitamin D3 200 iu, vitamin K1 25 mcg, zinc 5 mg, magnesium 100 mg, boron 1 mg.

Kenapa vitamin yang dikasih berbeda dari trimester 1, karena kebutuhan janin di trimester 2 jgua berbeda. Janin butuh kalsium lebih banyak dari sebelumnya. Saya juga lebih sering minum susu.

Si dedek sudah lincah!

Yang paling menyenangkan adalah saat USG dan melihat si dedek yang sudah lincah banget. Tangan dan kaki sudah gerak gerak dan badannya ga mau diam. Ngulet sana, ngulet sini. Saya dan suami sangat menikmati saat melihat si dedek yang lincah. Bahkan sampe di rumah juga kita masih ketawa ketawa geli membayangkan tingkah si dedek yang lucu. Saya gak sabar ingin merasakan saat saat dia mulai bisa menendang atau meninju di dalam perut. Kalau sekarang, memang belum terlalu terasa gerakannya. Huuuuhhuhu…..ga sabaarrr ๐Ÿ˜€

Saya share tentang perkembangan janin usia 4 bulan yang saya dapat dari bidanku.com ya :

Perkembangan Janin Minggu ke-16

Panjang janin bertambah dengan sangat cepat dan gerakan-gerakannya lebih kuat. Ibu dapat merasakan gerakan-gerakan janinnya dengan meraba perut. Rambut halus tumbuh diseluruh dipermukaan tubuh janin, yang disebut lanugo. Plasenta terbentuk dan berfungsi sepenuhnya. Panjang janin saat ini 16 cm dan beratnya 135 gram. Jika melakukan USG saat ini mungkin anda dapat mengetahui jenis kelamin. Otot janinsudah berkembang dan menjadi kuat. Gerakannya semakin aktif. Ia sudah mulai menghisap ibu jarinya, menguap, merenggangkan tubuhnya, sudah menelan kencing, dan cegukan. Pada minggu ini jika sinar terang di letakkan di perut anda, bayi akan menggerakan tangan ke arah matanya. Sistem pencernaan janin pun mulai menjalankan fungsinya. Dalam waktu 24 jam janin menelan air ketuban sekitar 450-500 ml. Hati yang berfungsi membentuk darah, melakukan metabolisme hemoglobin dan bilirubin,ย  lalu mengubahnya jadi biliverdin yang disalurkan ke usus sebagai bahan sisa metabolisme.
Baiklahh..sekian sharing saya di usia kehamilan 4 bulan. Sampai jumpa di tulisan berikutnya!
Leave a Reply

