Atasi Pegal dan Nyeri Saat Hamil

Jelang usia kehamilan 6 bulan, semakin banyak yang dirasakan oleh ibu hamil. Kalau di trimester 1 saya merasa sering mual dan muntah, di trimester 2 ini saya sudah tidak merasakan mual dan muntah. Selera makan juga sudah membaik dan saya cenderung bisa makan apa saja. Tapi, mulai ada keluhan-keluhan lain yang dirasakan mulai dari awal bulan ke 4 hingga sekarang antara lain, nyeri pinggang, punggung hingga tulang ekor sakit, tidur tidak nyenyak, dan kram kaki.

Awalnya saya merasa sangat tidak nyaman. Pernah pada tengah malam, saya menangis karena sepanjang lingkar perut saya terasa sakit dan nyeri. Sebelumnya sudah berhari-hari saya juga merasakan nyeri dan pegal yang teramat sangat. Tapi, saya akhirnya menemukan cara untuk mengurangi keluhan-keluhan ini. Berikut ini saya akan membagi beberapa tips sederhana, sesuai dengan pengalaman saya :

1. kompres dengan handuk hangat

Setiap pulang kerja, setelah mandi, saya siapkan air hangat dan handuk untuk mengompres bagian perut terutama di bagian yang sering mulas/nyeri. Selain itu, kompres juga bagian pinggul, paha dan punggung. Intinya bagian-bagian yang terasa pegal dan sakit. Kira-kira 15 menit saja, setelah itu badan terasa lebih nyaman. Biasanya setelah dikompres, saya merasa lebih baik dan tidur lebih nyenyak.

2. pakai flatshoes

Setelah saya ingat-ingat, apa yang menyebabkan pinggang dan perut nyeri teramat sangat adalah karena selama satu hari itu, saya menggunakan high heels. Tidak terlalu tinggi, sih hanya 3 senti saja. Kebetulan hari itu di kantor ada event yang membuat saya harus jalan mondar-mandir dan mengurus acara. Mungkin bagi beberapa ibu hamil, hal itu tidak membawa pengaruh. Tapi ternyata untuk saya, lumayan bikin kapok ūüėÄ

Sejak itu saya kembali pakai flatshoes dan untunglah tidak terjadi lagi rasa sakit yang seperti itu.

3. angkat kaki sambil tiduran

Tidak usah lama-lama, kira-kira 15 menit saja. Ini juga membantu untuk merilekskan otot kaki. Setelah di kompres air hangat, biasanya saya berbaring lalu mengangkat kaki saya dengan disenderkan ke tembok atau susunan bantal yang saya buat tinggi.

4. makan sedikit tapi sering

Sering saya lupa bahwa tiap kali makan kekenyangan, perut jadi terasa kaku dan saya jadi susah jalan. Jadi paling baik memang makan sedikit saja supaya perut tidak terlalu penuh. Kalau lapar lagi, ya makan lagi. Ini lebih aman dan saya juga jadi lebih sehat.

Oke, itu tadi tips-tips mudah untuk mengatasi rasa pegal dan nyeri selama kehamilan. Itu yang saya alami sendiri, tapi mungkin bumil bumil yang lain punya tipsnya sendiri untuk mengatas berbagai keluhan selama hamil. Yang jelas, tiap kehamilan punya karakter sendiri bagi ibu hamil. Jadi, semoga tips saya ini membantu bagi yang punya masalah serupa.

Selamat menikmati kehamilan ya ibu ibu ūüôā

saya dan suami

Leave a Reply

