Aku si Calon Ibu (4) : Bulan ke-6

Gak nyangka ya, tahu-tahu udah masuk bulan ke-6 usia kehamilan saya. Kayaknya baru kemarin share soal kabar kehamilan yang mengejutkan dan sekarang si dedek kecil di dalam perut sudah lincah bergerak. Bulan ini juga masih masuk dalam bulan keemasan dalam masa-masa kehamilan. Karena saya merasa fit, segar, dan ehem…tambah cantik! Jadi, karena sudah merasa nyaman dengan kehamilan, tidak mual dan muntah, saya jadi lebih merasa percaya diri. Kalau teman saya bilang, aura hamilnya sudah terpancar 🙂

janin usia 6 bulan

Beberapa hal yang saya rasakan di bulan ke-6 ini adalah :

1. Si dedek sudah lincah banget! Gerakannya sangat bisa dirasakan dan kadang-kadang saya bisa lihat perut saya bergelombang mengikuti gerakan si dedek di dalam perut.

2. Selain si dedek yang lincah, saya juga merasa lebih fit loh. Badan sudah terasa nyaman, mungkin karena saya sudah terbiasa dengan kehamilan ini.

3. Sesak nafas. Gak terlalu mengganggu sih, tapi kadang-kadang saya merasa agak berat untuk bernafas. Apalagi kalau berada di tempat yang sirkulasi udaranya kurang bagus. ya iyalaahh..

4. Kram kaki, masih dirasakan. Tapi seperti yang saya infokan di tulisan saya sebelumnya, kram kaki ini bisa diatasi dengan sering-sering mengkompres bagian paha kebawah dengan menggunakan air hangat.

5. Sering pipis. Semakin sering dan semakin sering hehehe..jadi harus siap sedia perlengkapan untuk pipis terutama kalau di mall atau di tempat umum. Jangan lupa bawa tissue sendiri dan kalau perlu tutup toilet duduk dr kertas yang sekali pakai supaya kebersihan tetap terjaga.

6. Perut yang membengkak. Iyalah ya..setelah bulan ke-5, perut jadi cepat membesar. Tapi memang, menurut doker, kenaikan berat badan saya bulan ini terlalu berlebihan. Dibanding bulan lalu, saya naik 5 kilo padahal idealnya cukup 2-3 kilo saja. Memang gak kelihatan di badan, tapi berat janin jadi berlebihan, dan untuk itu saya harus lebih mengatur pola makan supaya si dedek gak terlalu gendut nantinya. Bagi yang ingin tahu berapa sih berat ideal janin, bisa di cek di situs ini lumayan detil penjelasannya.

Di bulan ke-6 ini janin sudah lebih bisa mendengar dan ikut merasakan emosi yang dirasakan oleh ibunya. Jadi, ibu hamil dilarang stress dan harus berusaha untuk menjaga emosi. Susah sih ya..apalagi kalau baru pertama kali hamil, perasaan campur aduk. Kadang-kadang jadi sensitif banget, tapi tetep lebih sering ngerasa hepi kok 🙂

Leave a Reply

