Aku si calon Ibu (5) : Trimester 3

Kehamilan saya sekarang sudah memasuki usia 7 bulan. Apa yang saya rasakan? Semakin berat perut ini dan pinggang rasanya mau patah, padahal baru jalan-jalan sebentar saja. Terakhir konsultasi dengan dokter, berat janin di kandungan saya sudah 1,2 kg. Menurut dokter, berat ini tergolong normal. Apalagi mengingat saya pernah kelebihan berat badan pada bulan lalu, naiknya sampai 5 kilogram sebulan dan ukuran janin juga lebih besar dari seharusnya. Berkat diet karbohidrat yang saya lakukan, berat saya bulan ini hanya naik 2 kilogram dan berat janin sudah normal. Jadi kalau ditotal, berat badan saya hingga 7 bulan ini sudah naik kira-kira 11 kg.

Karena sudah masuk bulan ke 7, maka kehamilan saya sudah masuk ke trimester 3 atau bisa dibilang hamil tua! Seperti yang saya sebut di awal tadi, perut semakin berat dan bagian pinggul lebih terasa sakit. Posisi tidur sudah tidak senyaman di bulan-bulan kemarin. Tapi, paling nyaman adalah tidur miring ke kiri. Rasanya perut lebih rileks dan lebih baik juga buat janin karena  ibu hamil yang tidur dengan miring ke kiri akan membantu aliran darah ke bayi karena pembuluh darah utama ibu tidak terhalang rahim yang berat.

Di bulan ke-7  ini, karena perut makin berat, terkadang baru jalan-jalan sebentar saja saya sudah merasa lelah. Kaki saya lebih besar dan bengkak, terutama kalau terlalu lama berdiri atau jalan. Jadinya saya harus rajin-rajin selonjorin kaki sambil dipijat ringan. Ibu hamil memang tidak boleh berjalan/berdiri terlalu lama. Tapi duduk terlalu lama juga tidak baik. Jadi yah, pinter-pinter ngatur diri sendiri lah ya.

Perut terasa keras dan kencang

Beberapa hari lalu, saya sempat merasakan perut kencang dan beberapa kali di daerah tengah dekat pusar terasa sakit. Lumayan loh rasanya, sampe ga bisa jalan. Perut kencang dan sakit ini juga terasa banget waktu saya buang air kecil. Huf..rasanya jadi takut tiap kali mau pipis, padahal kan ga boleh ditaham-tahan. Waktu saya konsultasi ke dokter, ternyata itu disebut kontraksi. Glek,  jadi begitu ya rasanya kira-kira kalau waktu melahirkan sudah dekat *mulai membayangkan rasanya kontraksi beneran*.  Naaah, karena saya baru saja masuk bulan ke-7 tentunya kontraksi ini tidak baik, jadi dokter memberi saya duvadilan untuk meredakan kontraksi tersebut. Karena takutnya bisa memicu kelahiran prematur. Saya pun disuruh bedrest. Memang sih, waktu tiduran, kontraksinya berkurang. Tapi dasar bandel, tetep aja weekend kemarin saya sempet jalan untuk nyicil belanja perlengkapan buat bayi 😀

Soal belanja-belanja keperluan bayi, nanti saya share di tulisan berikutnya aja yah. Soalnya banyak banget list barang yang harus dibeli tapi kita ga boleh kalap! Kemarin waktu masuk toko perlengkapan bayi, rasanya mau dibeli semua apalagi buat bayi kan emang lucu-lucu gitu. Untung saya sudah bawa daftar belanjaan dan sudah bikin prioritas, mana yang harus dibeli dan mana yang belum perlu dibeli sekarang.

See ya !

2 thoughts on “Aku si calon Ibu (5) : Trimester 3

  1. Gita, kalau mau melahirkan (sudah di ruang pra persalinan nih) tidur miring itu sedap sekali sakitnya 😀 Mempercepat kontraksi soalnya. Jadi beda sekali dengan masa hamil, tidur miring bukan membuat nyaman.
    Asik ya merekam semua kejadian semasa hamil. Bayinya kelak bisa membaca apa yang dialami ibunya. Itu menjadi hal menarik buat anak. Sayang dulu aku tidak nulis blog. Semua yang saya ceritakan ke Anggara soal kejadian-kejadian semasa di perut mama tidak satupun dia lupa. Dan kadang minta diulang lagi ceritanya. Untung foto albumnya lengkap perjalanan dari USG pertama saat dia menampakkan diri pada dunia pertama kali sampai upacara 40 harian. Itu juga kadang kalau iseng dia suka buka-buka lagi dan tanya ini itu.
    Sukses ya Gita semoga sehat selalu sampai melahirkan, have fun, always!

Leave a Reply

