Belanja Buat Bayi : Panik Liat yang Lucu-lucu!

Sebagai calon ibu yang baru akan pertama kali punya baby, semangat besar datang pada saat urusan berbelanja keperluan si bayi. Siapa sih yang ga suka belanja? Belanja buat bayi ternyata lebih menyenangkan ketimbang belanja buat diri sendiri. Setidaknya inilah yang saya alami beberapa waktu terakhir. Berhubung kehamilan sudah lewat 7 bulan, jadi menurut kepercayaan orang tua saya, sudah saaah untuk shopping kebutuhan bayi.

Begitu masuk ke toko khusus perlengkapan bayi, rasanya pengen dibeli semua apalagi kalau lihat baju yang lucu-lucu. Tapi hooppp! Untung saya ingat, saya sudah punya daftar belanja dan prioritas!!

Sepatunya dedek bayi

Nah, kali ini saya mau berbagi pengalaman berbelanja keperluan bayi :

1.Bikin daftar belanja

Hal pertama yang saya lakukan adalah membuat daftar belanja. Karena baru pertama kali, saya harus banyak cari info soal apa saja yag dibutuhkan oleh bayi dan ibu setelah melahirkan. Daftar itu saya dapat dari internet dan berkonsultasi dengan teman-teman yang sudah berpengalaman. Ternyata banyak jugaaaaa yaaaaa… yang harus dibeli. Daftar belanja yang saya buat ini sangat membantu karena  jadi ada gambaran tentang berapa banyak dan berapa biaya yang kira-kira harus dikeluarkan.

2. Belanja di toko khusus

Tadinya suami sempat mau ajak ke ITC atau mall untuk beli keperluan bayi.  Tapi saya menolak, karena lebih efektif kalau belanja di satu toko yang memang khusus menyediakan semua keperluan bayi. One stop shopping for mom and baby, daripada saya harus berjalan dari toko satu ke yang lain di mall. Capek! Apalagi kehamilan saya sudah  cukup besar dan membuat saya gampang lelah. Dan benar, saya memilih salah satu toko perlengkapan bayi yang cukup lengkap di daerah Kelapa Gading. Di toko itu, saya dibantu oleh salah seorang pegawainya yang khusus melayani satu orang pelanggan. Jadi, saya tinggal keluarin daftar belanja dan minta tolong pegawai toko untuk mencarikan. Mereka juga ga segan-segan membantu memilihkan dan menjelaskan cara menggunakan perlengkapan/peralatan yang saya beli.

3. Prioritas

Ini penting loh. Saya tidak membeli semua kebutuhan di awal. Saya membeli yang memang benar-benar dibutuhkan oleh newborn baby dan ibu sehabis melahirkan, seperti misalnya kebutuhan untuk puput pusar, kapas, popok bayi, baju, celana, singlet, breast pump, breast pad, dll. Setelah yang penting-penting ini dibeli, berhubung sisa dana masih ada, maka saya membeli sekalian perlengkapan tidur dan mandi, alas tidur, bantal guling, bak mandi, dll.

Saya putuskan untuk tidak membeli box bayi karena saya ingin bayi tidur di kasur yang sama dengan saya.  Sementara stroller, saya putuskan untuk dibeli nanti karena toh bayi saya yang masih mungil banget itu belum akan diajak jalan-jalan. Lagipula untuk membeli stroller, cukup ayahnya saja juga bisa. Kebutuhan yang saya beli diawal adalah yang memang benar-benar harus dengan sepengetahuan saya.

4. Dana darurat

Siapkan dana daruraaaat.. yahh, namanya juga baru pertama kali. Selain budget  yang sudah disiapkan untuk belanja kebutuhan bayi, takutnya, masih ada kebutuhan yang terlewat. Jadi tetep harus menyiapkan dana kalau sewaktu-waktu ada yang kurang dan harus dibeli lagi.

Demikian pengalaman saya, btw, kehamilan saya sudah mau masuk usia 8 bulan. aww…cepat sekali waktu berlalu.

11 thoughts on “Belanja Buat Bayi : Panik Liat yang Lucu-lucu!

  1. Hai Sis, salam kenal 🙂

    Lagi blogwalking ttg bayi and yg lg hamil pertama, eh ktmu blognya sista, tapi kayaknya aku duluan yach HPLnya August ini, hehe…

    Tp gpp, sharing2 selalu yaa perkembangannya 😀

  2. Hai, hai para calon ibu 😀

    Sehat-sehat yaa kalian, seneng juga ketemu lewat blog begini. Mari2 sharing2 ttg pengalaman kita. Seru yah hamil itu, apalagi setelah melahirkan nanti, makin seruu.

    Ini kehamilan pertama kalian bukan?

      • Lanjut donk cerita2nya ttg khamilan, hihihi
        *ngga ngaca belum posting apapun dari kmrn* 😛
        Btw aku udh follow tweetnya sis Brigitta ya (panggilannya apa nich?)
        Tweetmu apa sis Istiana (panggilannya jg apa nich?)
        Aku @deechubbby ya 🙂

  3. Sista,,, beli perlengkapan bayi yg didaerah kelapa gading dimananya?saya mau coba ksana….mohon info alamat lengkapnya.mksh

Leave a Reply

