Indonesia, kita juga punya prestasi!

Hari ini, Paduan Suara Mahasiswa Voca Erudita UNS dikukuhkan sebagai Grandchampion untuk 3 kategori : mixed chamber, folklore, dan pop jazz di ajang Bali International Choir Festival di Denpasar, Bali 7 – 9 Agustus 2012. Tapi, berapa banyak yang mengenal UNS (Universitas Sebelas Maret) apalagi mengenal paduan suaranya?  Padahal UNS hampir tiap tahun mewakili Indonesia dan menyumbangkan prestasi di kancah internasional.

Tulisan ini adalah bentuk kegalauan saya sebagai alumni UNS, pecinta paduan suara, dan sebagai bangsa Indonesia. Kabar mengenai prestasi di bidang yang tidak “populer” ini memang jarang terdengar, atau bahkan tidak ada. Bahkan gaung Bali International Choir Festival saja tidak muncul di media. Padahal, Indonesia yang menjadi tuan rumah perhelatan internasional ini.

Kita, orang Indonesia lebih suka disibukkan dengan kisruh  tim-tim sepakbola yang minim prestasi dam  menuai konflik. Kenapa? Sulitkah mengakui bahwa kita memang tidak sehebat negara lain seperti Inggris, Italia, Jerman, dll? Sulitkah mengatakan bahwa kita memang tidak berbakat main sepakbola?

Sebagai manusia saya lelah membaca tentang betapa terpuruknya dunia olahraga di indonesia. Tapi hari ini, berita kemenangan tim Paduan Suara UNS membuat saya tersenyum. Kemenangan mereka menyentil rasa bangga saya pada Indonesia. Saya butuh berita seperti ini. Saya butuh pencerahan. Indonesia tidak melulu bermasalah.

Masih banyak prestasi lain diluar bidang olahraga yang bisa membuat nama Indonesia berkibar di mata dunia. Hanya saja dukungan dari negeri sendiri masih kurang baik dana maupun publikasi.  Teman-teman paduan suara UNS ini, bukan serta merta bisa lenggang kangkung untuk mengikuti setiap perlombaan, apalagi yang diadakan di luar negeri. Untuk bisa mengikuti kompetisi di Jerman, China, dll mereka harus merogoh kocek sendiri dan ngamen sana sini supaya biaya untuk kebutuhan lomba bisa dipenuhi. Subsidi kampus-pun tidak cukup. Dana swadaya dan usaha keras yang membuat mereka bisa mewakili Indonesia tanpa mengharap imbalan. Ini semua murni karena kecintaan pada seni dan budaya. Menjadi juara adalah bonusnya.

Bukan cuma paduan suara. Indonesia memang kaya akan karya seni yang mengagumkan. Seni dan budaya yang membuat Indonesia terkenal di negara lain. Film Indonesia juga mulai diperhitungkan di Hollywood.  Di bidang pendidikan, pelajar-pelajar Indonesia tidak sedikit yang menjadi juara olimpiade sains internasional.

Jadi, bisakah kita berhenti mengekor dan mulai menemukan jati diri kita?  Kita tidak ingin selalu terjebak dalam  “sepakbola yang buruk” atau “badminton yang didiskualifikasi”.  Bisakah kita berpaling sejenak dan mencoba melihat potensi yang terpendam?

 

Advertisements

2 thoughts on “Indonesia, kita juga punya prestasi!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s