38 Minggu dan Masih Menunggu!

Apa yang saya rasakan saat usia kehamilan ini sudah memasuki 38 minggu? Deg-degan! Karena dokter bilang si bayi bisa lahir kapan saja. Saat ini posisi bayi sudah ada di jalan lahir, kepalanya sudah semakin turun. Secara fisik, dedek bayi sudah siap untuk dilahirkan. Jadi sekarang saya tinggal menunggu tanda-tanda melahirkan.

Itu foto sonogram si dedek bayi yang saya ambil saat masih 32 minggu. Senang rasanya saat dokter bilang si dedek sehat-sehat saja. Pada pemerikasaan terakhir, di usia 38 minggu ini berat si dedek udah 2.9 kg. Sebenarnya saya ditargetkan supaya berat bayi tidak lebih dari 3 kilogram saat melahirkan nanti. Jadi mau gak mau, dalam minggu ini saya harus diet ketat.

Sejak minggu lalu saya sudah ambil cuti bekerja. Praktis saya cuma di rumah saja sambil tetap siaga untuk mengenali tanda-tanda melahirkan. Maklum, ini yang pertama buat saya, jadi setiap kali tubuh saya khususnya perut memberi sinyal tertentu, saya pasti langsung mencari artinya. Sejauh ini, saya pikir saya bisa mengatasi dengan baik, tidak panik dan tetap tenang terutama saat merasa mulas. Begitu juga yang dikatakan dokter : Jangan panik! Kenali tanda-tanda melahirkan dengan baik jadi kita tahu apa yang harus dilakukan.

Masa-masa terakhir kehamilan ini adalah masa paling berat. Sekarang, saya sudah tidak bisa tidur sama sekali karena tekanan dari perut. Telentang salah, miring ke kiri/kanan juga salah. Duduk juga tidak nyaman karena punggung terasa sakit kalau duduk terlalu lama. Rasanya lebih nyaman kalau berdiri. Belum lagi harus bolak balik ke kamar mandi. Bisa jadi 20 menit sekali kalo saya sedang banyak minum.Tapi yah, semua itu akan terbayar saat si kecil di dalam perut ini sudah lahir ke dunia. Jadi yang harus saya lakukan sekarang hanyalah menunggu waktunya tiba. Doa saya hanya satu, proses kelahiran bisa berjalan lancar seperti yang diharapkan, Amin.

6 thoughts on “38 Minggu dan Masih Menunggu!

  1. Hemmz.. saya juga bund.. lagi nunggu si dedek lahir,, rasanya udh gk sbr pengen liat si kecil lahir ke dunia.. kdang perutku kencang,, apa bunda jg bgitu ya??

  2. hem…..foto hasil USG nya persis sama dengan dd q, d UK 32 juga foto.a gtu juga tadi sempat kaget, jd ga sabar nunggu ade.a lahir

Leave a Reply

