Lembur itu Perlu?

bahaya lemburBerapa banyak dari karyawan yang hobi ngelembur? Well, mungkin bukan hobi, tapi banyaknya kerjaan menuntut untuk kita stay lebih lama di kantor daripada yang seharusnya. Saya, terus terang bukan penggemar lembur. Bukan berarti saya ga suka kerja dan berada di kantor ya. Tapi dari dulu, prinsip saya adalah : Kalau bisa selesai di jam kantor, kenapa harus lembur? Ini persoalan prinsip. Saya ingin kehidupan saya bisa balance antara di kantor dan di rumah. Antara bekerja dan bersenang-senang.

Sudah banyak penelitian juga yang menyatakan bahwa terlalu sering lembur bisa bikin depresi, badan ga fit, otak juga jadi ga bekerja secara maksimal. Nah, kalau gara-gara keseringan lembur kita jadi begitu, siapa yang rugi? Tentu saja diri sendiri. Saya, pilih hidup sehat. Maka dari itu saya ingin punya istirahat yang cukup. Tanpa disengaja lembur pun, sebetulnya ada beberapa pekerjaan yang mengharuskan saya untuk stay lebih lama di kantor, misalnya kalau ada event atau program yang harus dilangsungkan hingga malam hari atau jika pekerjaan tersebut mencuri waktu weekend bersama keluarga.

 Lembur juga bisa jadi karena kita selalu menunda pekerjaan. Misalnya, saat di jam kantor bukannya selesaikan pe-er malah habiskan waktu dengan istirahat, ngobrol, atau merokok. Yang begini ini bikin kerja jadi ga efektif. Akibatnya terpaksa harus melembur untuk sesuatu yang ga perlu. Alih-alih dapat penghargaan dari bos, jangan-jangan kita malah dicap lambat dalam bekerja dan wasting time. Kerja dengan efektif dan efisien lebih baik daripada kerja keras tapi gak tahu prioritas.

Leave a Reply

