Puasa dan detoksifikasi

fasting Rupanya bukan cuma muslimin dan muslimah yang berpuasa di bulan ramadhan ini. Teman-teman saya yang non muslim juga banyak yang ikutan puasa. Terutama teman-teman perempuan. Alasannya, momen ini tepat dan mendukung untuk melakukan detoks.

Saya juga baca dari beberapa sumber bahwa dengan berpuasa secara teratur maka tubuh kita akan mengalami perbaikan metabolisme dan racun-racun yang ada di dalam tubuh pun akan berkurang. Puasa adalah metode murah meriah untuk detoks alami dengan syarat, selama berpuasa asupan gizi pada saat berbuka atau sahur juga perlu diperhatikan.

Mungkin, manfaat detoks inilah yang membuat teman-teman saya itu betah berlapar-lapar seharian. Sementara saya, baru 2 jam setelah sarapan saja sudah kelimpungan mau cari makan. Perut ini tidak pernah mau kompromi, selain saya juga gak tidak peduli dengan berat badan 😀

Lepas dari detoks buat tubuh, ada detoks lainnya yang buat saya lebih menarik, yaitu detoksifikasi otak dan hati. Di bulan puasa, siaran rohani yang membludak di televisi biasanya selalu mengingatkan pula akan sikap hati dan pikiran yang harus dijalani saat berpuasa. Buat saya itu adalah reminder. Dibandingkan tidak makan dan tidak minum, sepertinya yang paling berat justru menahan diri untuk tidak memiliki perasaan dan pikiran negatif. Walaupun secara sadar, otak memerintah hati untuk tidak merasa tersinggung atau merasa sakit dengan peristiwa yang terjadi atau saat menerima perlakuan buruk dari orang lain.

Suasana di bulan puasa ini memang pas untuk berbenah diri. Dan bukankah memang demikian esensi dari bulan puasa ini? Tidak hanya sekadar tak makan dan tak minum. Detoks otak dan hati. Melepaskan racun-racun dari pikiran, meregenerasi perasaaan lama yang penuh dengan kesakitan dengan perasaan baru yang lebih positif dan menyegarkan.

Buat saya, detoksifikasi ini yang justru lebih sulit dilakukan.

Leave a Reply

